Belajar SQL tutorial dari cara membuat database mengelola data table dan record database menggunakan SQL Server dengan beberapa Command Query SQL Server disertai Tips dan Trik SQL untuk DBA. Penggunaan Perintah SQL yang ada beberapa diantaranya mempunyai kesamaan dengan RDBMS lainnya seperti MySQL, Oracle maupun PostgreSQL.

Installasi SQL Server dan Management Studio Windows

Installasi Microsoft SQL Server terutama untuk versi 2014 Express pada windows mungkin bagi pemula sedikit membingungkan seperti pengalaman pribadi penulis, sebelum melakukan installasi hal yang harus diperhatikan adalah :

  • Operating Sistem yang digunakan, dilihat dari versi Windows apakah 32 bit atau 64 bit, karena akan menentukan file mana yang akan di download terlebih dahulu.
  • Pastikan Net Framework sudah terinstall di dalam Operating Sistem, yang digunakan adalah Net Framework 4.0, karena jika belum terinstall mungkin terjadi pesan error atau kesalahan.

Setelah semua sudah disiapkan maka yang perlu dilakukan untuk menginstall SQL Server 2014 Express adalah :
  1. Download file setup SQL Server di alamat http://www.microsoft.com/en-au/download/details.aspx?id=42299
  2. Pilih ExpressAndTools 32BIT\SQLEXPRWT_X86_ENU.exe (jika Operating Sistem Windows yang digunakan adalah 32 bit, jika 64 bit pilih yang 64 bit).
  3. Perhatikan Sistem Requirement yang biasanya ada ditampilkan di website Microsoft sesuaikan dengan kapasitas yang ada.
  4. Setelah itu download file tersebut.
  5. Jika ternyata diminta login , silakan untuk mendaftar terlebih dahulu.
Setelah proses download selesai, akan terlihat file yang download


Setelah itu double click file setup SQL server  2014, SQLEXPRWT_x86_ENU.exe, maka akan diminta folder tempat menyimpan hasil extract files


Pada contoh diatas file hasil extract diletakan di direktory C:\installersqlserver, setelah itu tekan click tombol Ok dan proses preparingnya akan terlihat seperti ini.


Jika telah selesai maka akan muncul form SQL Server Installation Center Pilih New SQL server stand alone installation.


Pilih Next dan setelah itu pada pilihan Licence Terms contreng I Accept the license terms dan Next. Pada pilihan Feature Selection biasanya akan otomatis tercontreng default. Pada form Instance Configuration pilih saja Default Instance. Pada form Database Engine Configuration pilih Windows authentication mode.

Setelah itu maka proses installasi akan dimulai, dan jika muncul form Complete dengan Feature List status Success maka installasi SQL Server sukses dilakukan. Setelah itu silakan check di tombol Start menu apakah sudah ada fasilitas menu untuk SQL Server.







Click menu SQL Server 2014 Management Studio, akan terlihat informasi login diawal.


Click tombol Connect dan jika berhasil akan muncul form utama SQL Server Management Studio seperti ini


Jika sudah bisa muncul seperti itu menunya, kita anggap bahwa sudah sukses Installasi SQL Server 2014 dan SQL Server 2014 Management Studio. Apabila terjadi kesalahan biasanya itu dikarenakan ada file yang diperlukan yang belum terinstall misalkan Net Framework atau Versi Windows yang digunakan mungkin tidak disupport lagi misalkan Windows XP.

Jika ingin melihat cara installasinya melalui video bisa lihat disini





Mohon maaf jika hasilnya kurang memuaskan karena baru kali ini membuat video tutorial, masih belum pengalaman.





Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Installasi SQL Server dan Management Studio Windows"

beni zakura said...

kk mau tanya apa harus punya windows server dulu sebelum instal ssms, karna pas saya coba instal itu gk bisa ke instal

Belajar said...

saya coba install di windows 7 bisa koq, coba check file installnya. perhatikan juga requirementnya, jangan lupa juga net framework harus sudah di install sebelumnya.

Pioneer said...

Thanks gan, btw itu pake lisensi ya.

Post a Comment